MARSIANUS, MARSIANUS (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDINGIN UDARA (AC) TERHADAP PERFORMA MESIN PADA KENDARAAN ANGKUTAN BARANG SUZUKI MEGA CARRY. Fakultas Teknik: Prodi Teknik Mesin.
|
Text
JURNAL MARSIANUS.pdf Download (720kB) | Preview |
Abstract
Pemakaian sistem AC pada mobil bertujuan untuk mempertahankan temperatur udara di dalam mobil pada kondisi nyaman khususnya bagi pengemudi dan penumpang. Selain itu, pemasangan AC mobil juga dapat bermanfaat untuk menghindari terjadinya pengembunan pada kaca mobil ketika musim hujan. Kecepatan yang sama putaran mesin dengan kondisi mesin pendingin dinyalakan lebih tinggi dibandingkan putaran mesin dengan kondisi mesin pendingin dimatikan. Untuk kondisi mesin pendingin dimatikan torsi terendah terjadi pada 2100 rpm yaitu sebesar 6,4 Nm sedangkan torsi tertinggi terjadi pada 3300 rpm yaitu sebesar 7,6 Nm. Untuk kondisi AC dinyalakan torsi terendah pada 2100 rpm yaitu sebesar 5,3 Nm sedangkan nilai torsi tertinggi terjadi pada 3300 rpm yaitu sebesar 6,9 Nm. Kondisi mesin pendingin dimatikan daya terendah terjadi pada 2100 rpm yaitu sebesar 1,45 kW sedangkan daya tertinggi terjadi pada 3300 rpm yaitu sebesar 2,68 kW. Untuk kondisi mesin pendingin dinyalakan, daya terendah terjadi pada 2100 rpm yaitu sebesar 1,18 kW sedangkan daya tertinggi terjadi pada 3300 rpm yaitu sebesar 2,54 kW.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan AC, Perforna Mesin, Suzuki Mega Carry. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Prodi Teknik Mesin |
Depositing User: | Sub Admin3 UM PTK |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 11:01 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 11:01 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/144 |
Actions (login required)
View Item |