PELAKSANAAN MENTORING BACA TULIS AL-QUR’AN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK TAHUN 2018/2019

DAHLIA, IIS (2019) PELAKSANAAN MENTORING BACA TULIS AL-QUR’AN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
i & v.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (akses file ini dibatasi untuk menghindarkan plagiasi. jika ingin tetap mengakses, silahkan hubungi unit repository UM Pontianak. [email protected])
ii - iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

The problem in this research is how to plan the implementation of mentoring of reading and writing Al-Qur’an on Islamic religious education students at Muhammadiyah University, how is the implementation of mentoring reading and writing of Al-Qur’an on Islamic religious education studenst at Muhammadiyah University and what are the factors hinder the implementation of mentoring reading and writing of the Al-Qur’an in Islamic religious education students at Muhammadiyah University. The aim is to find out: 1) planning the implementation of the Al-Qur’an reading and writing mentoring at Muhammadiyah University, 2) the implementation of the Al-Qur’an reading and writing mentoring at Muhammadiyah University, 3) the inhibiting factors for the implementation of the Al-Qur’an reading and writing mentoring at the Muuhammadiyah University. The from of research uused is the history (past) with a qulatiative approach. Using interviewa, documentation for the conclusion of this research is the implementation of mentoring is mandatory for new studens to follow. Mentoring implementation is very effective in its implementation because here it uses mentors from the upper semester to easily approach it with new students. Although, there are some obstacles, but the implementation of mentoring runs on time. // Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pelaksanaan mentoring baca tulis Al-Qur’an pada mahasiswa pendidikan agama Islam di Universitas Muhammadiyah, bagaimana pelaksanan mentoring baca tulis Al-Qur’an pada mahasiswa pendidikan agama Islam di Universitas Muhammadiyah dan apa sajakah faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan mentoring baca tulis Al-Qur’an pada mahasiswa pendidikan agama Islam di Universitas Muhammadiyah. Tujuannya untuk mengetahui: 1) perencanaan pelaksanaan mentoring baca tulis Al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah, 2) pelaksanaan mentoring baca tulis Al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah, 3) faktor-faktor penghambat pelaksanaan mentoring baca tulis Al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode history (masa lampau) dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan mentoring di Universitas Muhammadiyah diadakan dalam satu minggu sekali dan rencana kedepannya akan diadakan menulis Al-Qur’an dan pelaksanaan mentoring wajib bagi mahasiswa baru mengikutinya. Pelaksanaan mentoring sangatlah efiktif dalam pelaksanaannya karena disini menggunakan mentor dari semester atas untuk mudah pendekatannya dengan mahasiswa baru. Walaupun, ada beberapa hambatan tetapi pelaksanaan mentoringnya berjalan dengan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan dan Faktor Penghambat pelaksanaan mentoring Baca Tulis Al-Qur’an. Planning, Implementation and Factors Inhibiting the Implementation of Mentoring Read and Write Al-Qur’an.
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:58
Last Modified: 03 Jan 2024 04:05
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item