PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCHDENGAN KARTU BERGAMBAR TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI AMPHIBI DI KELAS X MA AL-MUSTAQIM

RAHMA, 131630205 (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCHDENGAN KARTU BERGAMBAR TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI AMPHIBI DI KELAS X MA AL-MUSTAQIM. Skripsi thesis, UM Pontianak.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

RAHMA.131630205.Pengaruh Model Kooperatif Tipe Index Card Match dengan Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Amphibi di Kelas XMA Al-Mustaqim Kubu Raya. Dibimbing oleh ANANDITA EKA SETIADI, M.Si dan NURI DEWI MULDAYANTI, M.Pd. Salah satumodel pembelajaranyang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa adalahIndex Card Match (ICM). Pembelajaran ICM menggunakan kartu yang berisi materi atau tulisan. Kartu yang dapat digunakan umumnya hanya berupa tulisan, pada penelitian ini digunakan kartu ICM bergambar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ICM dengan kartu bergambar dan kartu tidak bergambar pada sub materi Amphibi, (2) pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ICM dengan kartu bergambar pada sub materi Amphibi.Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Designdengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan nilai ulangan harian semester ganjil. Pembelajaran ICM di kelas eksperimen menggunakan kartu bergambar, sedangkandi kelas kontrol menggunakan kartu tidak bergambar. Hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol (nilai signifikanU Mann-Withney <0,000). Hasil belajardipengaruhi perlakuan sebesar 81,1% (nilai Effect Size 2,65). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswayang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ICM dengan kartu bergambar dan kartu tidak bergambar pada sub materi Amphibi. Model Pembelajarn Kooperatif tipe ICM dengan kartu bergambar berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Amphibi. Kata kunci: Index Card Match kartu bergambar, hasil belajar siswa,sub materi amphibi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:18
Last Modified: 03 Jul 2019 02:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item