PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN BILANGAN POHON BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AL KAUTSAR PONTIANAK SELATAN

NOVITASARI, 131610472 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN BILANGAN POHON BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AL KAUTSAR PONTIANAK SELATAN. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

NOVITASARI. 131610472. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Bermain Bilangan Pohon Bergambar di Taman Kanak-kanak Al Kautsar Pontianak Selatan. Di bawah bimbingan Iin Maulina, M.Pd. dan H. Sutrisno, S.Pd., S.H., M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang memiliki kemampuan kognitif mengenal bilangan masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media pohon bergambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri atas 14 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: Triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain bilangan pohon bergambar yaitu tergolong baik dengan kriteria 80% yang berarti berkembang sangat baik (BSB). Kata kunci : Kemampuan kognitif, bermain bilangan, pohon bergambar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 20 Mar 2019 03:11
Last Modified: 20 Mar 2019 03:11
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item