STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LSQ DENGAN QSH MENGGUNAKAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 7 SIMPANG HILIR

MARYANI, 111630644 (2018) STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN LSQ DENGAN QSH MENGGUNAKAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 7 SIMPANG HILIR. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
1. COVER siip.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK siip.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 revisii stelah sidang SIP.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA maeryani print.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

MARYANI. 111630644. Studi Komparasi Strategi Pembelajaran LSQ Dengan QSH Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 7 Simpang Hilir. Dibimbing oleh MAHWAR QURBANIAH, M.Si dan NURI DEWI MULDAYANTI, M.Pd. Metode pembelajaran yang digunakan guru masih belum digunakan secara maksimal,sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mencari strategi yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan menggunakan strategi pembelajaran LSQ menggunakan gambar dengan QSH menggunakan gambar di kelas VII SMP Negeri 7 Simpang Hilir, 2) seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan strategi pembelajaran Question Student Have menggunakan gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Simpang Hilir. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Kelas VII A sebagai kelas LSQ dan kelas VII B sebagai kelas QSH. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Hasil Uji U Mann-Whitney data gain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas LSQ menggunakan gambar dan kelas QSH menggunakan gambar. Berdasarkan perhitungan Effect Size, strategi pembelajaran LSQ menggunakan gambar memberikan pengaruh terhadap persentase peningkatan hasil belajar sebesar 51.60%. kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas LSQ dan QSH menggunakan gambar. Kata Kunci : gambar, hasil belajar, LSQ, QSH, pencemaran lingkungan,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 11 Dec 2018 02:03
Last Modified: 11 Dec 2018 02:03
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item