Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Daya Ingat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya.

SAHARA, 111620645 (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Daya Ingat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9.Abstrak.pdf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya ingat dan hasil belajar siswa di SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya yang disebabkan dalam proses pembelajaran siswa tidak membangun pengetahuannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan daya ingat siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi hidrolisis garam. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagian kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik pengukuran, observasi dan wawancara, sedangkan alat yang digunakan adalah tes berupa soal essay, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil analisis statistik posttest uji U-man witney dengan α sebesar 0,05 diperoleh nilai signifikan 0,000 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol, sedangkan hasil analisis statistik delayed test uji U-man witney dengan α sebesar 0,05 diperoleh nilai signifikan 0,006 yang artinya terdapat perbedaan daya ingat antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil perhitungan effect size menunjukkan nilai ES yaitu 1,64 dengan kriteria tinggi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 44,94%, sedangkan hasil perhitungan effect size daya ingat menunjukkan nilai ES yaitu 0,69 dengan kriteria sedang memberikan pengaruh terhadap daya ingat siswa sebesar 26,49%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Daya ingat, hasil belajar, hidrolisis garam, model pembelajaran kooperatif Tipe STAD.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:00
Last Modified: 19 Jun 2017 03:00
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item