PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS 10 SMK AL MADANI PONTIANAK

NURUDDIN, UMAR (2022) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS 10 SMK AL MADANI PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa peserta didik dari segi membaca dan mempelajari Al-Qur’an karena belum semuanya dapat membaca dan mempelajari Al-Qur’an dengan benar. Maka dari itu, SMK Al Madani Pontianak berusaha menciptakan generasi qur’ani dengan membuat sebuah Ekstrakurikuler yang bernama tahfidz Al-Qur’an. Adapun masalah dalah penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak?2) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak?, 3) Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak?. Dengan tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang; 1) Perencanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak; 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak; 3) Evaluasi ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk sampai pada kesimpulan, peneliti menggunakan analisis data model deskriptif yang terdiri dari yaitu: reduksi data, Penyajian (display) data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak sudah sesuai dengan tahapan-tahapan dalam program ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an, yang perencanaannya disusun melalui 4 tahapan yaitu menetapkan program, menentukan indikator keberhasilan program, adanya penanggung jawab program atau pembina ekstrakurikuler; 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak telah berjalan dengan proses kegiatan awal, inti dan kegiatan akhir di rencanakan dengan tersusun dengan fasilitas yang ada, dan sistem evaluasi yang telah direncanakan dengan baik; 3) Evaluasi proses dari pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidz al-qur’an pada siswa kelas 10 SMK Al Madani Pontianak secara kesuluruhan mendapatkan kategori cukup baik. Guru menilai dari hasil proses tersebut dengan cara metode tanyak jawab..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an.
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:34
Last Modified: 01 Nov 2023 07:34
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item View Item