JURIAH, EVI NURSALWI (2023) PENGARUH INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR FIKIH KELAS XI MAN 1 PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.
|
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang; 1) untuk mendeskripsikan interaksi guru dan siswa pada pelajaran Fikih kelas XI MAN 1 Pontianak; 2) untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas XI MAN 1 Pontianak; 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi guru dan siswa terhadap minat belajar Fikih kelas XI MAN 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket/ kuesioner. Peneleti akan memberikan instrument interaksi guru (The Questionnaire on Teacher Interaction disingkat QTI) dan survei minat belajar kepada seluruh siswa kelas XI MAN 1 Pontianak melalui google form. Penyebaran kuesioner juga akan dilakukan secara online dengan melaui media whatsapp group. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 74 orang yaitu siswa kelas XI MAN 1 Pontianak. Adapun teknik analisis data penelitian ini mengunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Uji coba instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian besar siswa MAN 01 Pontianak memiliki interaksi yang baik (tinggi) dan cukup (sedang) dengan guru Fiqih dan hanya sedikit siswa yang memiliki interaksi rendah dan sangat rendah dengan gurunya; 2) sebagian besar siswa MAN 01 Pontianak juga memiliki minat belajar yang baik (tinggi) dan cukup (sedang) terhadap mata pelajar Fiqih, sebaliknya siswa yang memiliki minta belajar fiqih rendah dan sangat rendah dalam jumlah yang sedikit; 3) terdapat pengaruh interaksi guru dan siswa terhadap minat belajar fiqih di MAN 01 Pontianak, artinya tinggi rendahnya minat belajar sangat ditentukan oleh tingkat interaksi guru dengan siswanya. Kontribusi interaksi guru dengan siswa terhadap minta belajar fiqih siswa mencapai 41,7%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Guru dan Siswa, Minat Belajar |
Subjects: | - Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin 2 |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 01:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 01:47 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2437 |
Actions (login required)
View Item |