FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAUM MILENIAL DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER DI MARKETPLACE SHOPEE BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH

ADIYANTI, SRI REJEKI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KAUM MILENIAL DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER DI MARKETPLACE SHOPEE BERDASARKAN PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menurut survey yang dilakukan oleh Alvara Research Center, Shopee merupakan layanan e-commerce paling popular di kalangan anak muda Indonesia. Shopee menjadi pilihan utama 69,9% responden dari kalangan generasi Z, serta 64% dari kalangan generasi milenial. Penelitian ini bertuuan untuk menganalisis factorfaktor yang mempengaruhi kaum milenial dalam melakukan pembayaran Shopee Paylater di Marketplace Shopee berdasarkan perspektif bisnis syariah. Subjek penelitian ini adalah kaum milenial pengguna Shopee Paylater yang ada di Indonesia. Variable independen pada penelitian ini adalah Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Faciitating Condition, Hedonic Motivation, Habit, dan Islamic Financial Literacy terhadap intensi penggunaan Shopee Paylater dengan menggunakan teknik analisis data PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel performance expectancy (T Statistic 0.587, P Value 0.557), effort expectancy (T Statistic 0.392, P Value 0.695), facilitating condition (T Statistic 0.316, P Value 0.752), hedonic motivation (T Statistic 1.723, P Value 0.085) tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi penggunaan Shopee Paylater. Sedangkan variabel social influence (T Statistic 5.348, P Value 0.000), habit (T Statistic 2.548, P Value 0.011) berpengaruh signifikan terhadap intensi penggunaan Shopee Paylater dan variabel islamic financial literacy (T Statistic 2.211, P Value 0.027) berpengaruh negative signifikan terhadap intensi penggunaan Shopee Paylater.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shopee Paylater, PLS-SEM, Kaum Milenial
Subjects: - Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:16
Last Modified: 24 Oct 2023 03:16
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item