ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA UMKM DI KOTA PONTIANAK)

YANI, DILA APRIL (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA UMKM DI KOTA PONTIANAK). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan usaha, penggunaan atau adopsi e-commerce diharapkan dapat membantu dalam memperoleh pendapatan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup bagi UMKM khusus nya di kota Pontianak. Untuk itu diperlukan dalam mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi adopsi e-commerce yaitu faktor teknologi, faktor organisasional, faktor lingkungan terhadap pendapatan pada usaha mikro kecil menengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh adopsi e-commerce terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang menggunakan skala likert. Penentuan sampel pelaku usaha mikro kecil dan menengah menggunakan purposive sampling yaitu yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan kriteria tertentu sebagai sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), variabel bebas ada 3 yaitu faktor teknologi (X1), faktor lingkungan (X2), faktor organisasional (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Berdasarkan hasil penelitian data yang telah dilakukan peneliti, hasil penelitian ini adalah variabel faktor teknologi dan faktor organisasional memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Sedangkan variabel faktor lingkungan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah. Pentingnya memperoleh pendapatan bagi usahanya, diperlukanya penyesuaian adaptasi dengan menggunakan sebuah adopsi teknologi dalam menjalankan kegiatan usaha pada era digital seperti saat ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendapatan, faktor teknologi, lingkungan, organisasional.
Subjects: - Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:52
Last Modified: 24 Oct 2023 02:52
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2430

Actions (login required)

View Item View Item