ANALISA PERHITUNGAN BEBAN PENDINGIN AC (Air Conditioner) PADA AULA SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN MUHAMMADIYAH PONTIANAK

FIRDAUS, RAHMAD (2019) ANALISA PERHITUNGAN BEBAN PENDINGIN AC (Air Conditioner) PADA AULA SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN MUHAMMADIYAH PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Faktor-faktorkenyamanandarisuaturuangansangatditentukan oleh letak, karakteristik dan kegiatan yang adadidalamnya. Untukmengatasihaltersebutdiperlukansuatualatpendingindenganbebanpendingin yang sesuaidengankebutuhanruangantersebut. Aula STIK Muhammadiyah Pontianak sebagaitempataktivitasakademik yang beragam, setiapsaatselaluramaidengankapasitas 500 orang, memerlukanbebanpendingin yang memadai. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibebanpendingin dan dayapendinginandarialat AC yang diperlukanruang Aula tersebut. Mengamatiberbagaikejadiansepertisudutpancaransinarmatahari, mengukursuhudindingluar, berbagaiaksesoris yang ada dan jeniskegiatan yang dilakukan. Kemudianmelakukanperhitungandenganmetode CLTD (Cooling Load Temperature Difference) berdasarkan ASHRAE 1997. Hasil penelitian yang didapatyaitubebanpendinginandarisepertidindingbatadenganlapisan plaster, kaca, atap daripaduanalumunium, lantaidaribeton dan keramik, lampu, penghuni, peralatanelektronik dan 500 orang jumlahmaksimal pada ruangan Aula STIK Muhammadiyah Pontianak didapatsebesar80.618,4739 Watt atau 30,56 PK. AC yang terpasangsaatiniberkapasitas 20 PK, makadibutuhkan 10 PK lagiatau 2 unit alatpendingin yang masing-masingalatberkapasitas 5 PK agar pendinginandiruangantersebutlebihefisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: - Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:53
Last Modified: 06 Sep 2023 02:53
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item