PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK SIMPEDA PADA PT. BANK KALBAR CABANG PEMBANTU SENTEBANG KABUPATEN SAMBAS

FACHRI, HELMAN and SUMIYATI, SUMIYATI and Ratnasari, Desti PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK SIMPEDA PADA PT. BANK KALBAR CABANG PEMBANTU SENTEBANG KABUPATEN SAMBAS. Jurnal Produktivitas (JPRO). p. 8. ISSN 2355-1038

[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Penelitian 8.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Hasil Cel Similiarity.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Simpeda pada PT. Bank Kalbar Cabang Pembantu Sentebang Kabupaten Sambas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang memiliki rekening tabungan simpeda pada PT. Bank Kalbar Cabang Pembantu Sentebang, dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji kelayakan model. Persamaan atau estimasi regresi diperoleh Ŷ = 2,179+ 0,316X. Hasil analisis korelasi sederhana (R) diperoleh angka 0,327 menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara bauran pemasaran dengan keputusan nasabah menggunakan produk tabungan Simpeda pada PT. Bank Kalbar Cabang Pembantu Sentebang. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,107. Hal ini berarti bahwa 10,7% (1 x 0,107 x 100%) keputusan nasabah menggunakan produk tabungan Simpeda pada PT. Bank Kalbar Cabang Pembantu Sentebang Kabupaten Sambas dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran, sedangkan sisanya yaitu sebesar 89,3% (1 – 0,107 x 100%) keputusan nasabah menggunakan produk tabungan Simpeda pada PT. Bank Kalbar Cabang Pembantu Sentebang Kabupaten Sambas dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji kelayakan model menunjukkan nilai F hitung sebesar 11.736 > F tabel 2,11 serta memiliki nilai signifikansi (sig) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, artinya model regresi linear sederhana tersebut dapat digunakan untuk memprediksi keputusan nasabah yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Nasabah
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:44
Last Modified: 17 Jul 2023 04:59
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item