PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI KELAS B ANAK-KANAKMENTARI MEKAR GEMILANG KASAR ANAK KELAS B TAMAN KANAK SKRIPSI MEKAR GEMILANG

TANTRI, JUWI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI KELAS B ANAK-KANAKMENTARI MEKAR GEMILANG KASAR ANAK KELAS B TAMAN KANAK SKRIPSI MEKAR GEMILANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kemampuan motorik kasar di Taman Kanak-kanak Mentari Mekar Gemilang.Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui metode gerak dan lagu di kelas B Taman Kanak-kanak Mentari Mekar Gemilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari sumber data yang terdiri atas 23 (dua puluh tiga) orang murid Taman Kanak-kanak Mentari Mekar Gemilang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi.Sedangkan, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: Triangulasi dan member check. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa anakusia dini membutuhkan metode mengajar yang bervariatif dan menarik. Peneliti memberikan batasan persentase keberhasilan minimal 80 %. Hasil observasi penguasaan anak terhadap gerak motorik kasar setelah dilaksanakan siklus I yaitu penyampaian materi gerak motorik kasar melalu metode gerak dan lagu, penguasaan gerakan mencapai 25 %. Siklus II mencapai 40 %, hasilnya belum maksimal. Kemudian dilanjutkan siklus III mencapai 87%. Jadi setelah dilaksanakan siklus I, siklus II, dan siklus III perkembangan motorik kasar pada anak mengalami peningkatan yang mencapai nilai diatas persentase minimal yaitu mencapai 87 %.Oleh karena itu, penelitian ini dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui metode gerak dan lagu di kelas B Taman Kanak-kanak Mentari Mekar Gemilang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik, kasar, Gerak, lagu
Subjects: - Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 29 May 2023 07:14
Last Modified: 29 May 2023 07:14
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item