PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS LINTAS MINAT PADA MATERI FUNGI DI SMA N 1 SUNGAI RAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

WULANDARI, ADE (2021) PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS LINTAS MINAT PADA MATERI FUNGI DI SMA N 1 SUNGAI RAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam memajukan suatu bangsa. Pemahaman diperoleh saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Namun dengan adanya kondisi pandemi covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran sistem daring, hal ini akan mempengaruhi pemahaman konsep siswa, terutama pada mata pelajaran biologi. Berdasarkan hasil kuesioner pra penelitian yang diberikan kepada guru biologi di SMA N 1 Sungai Raya, ketuntasan siswa kelas lintas minat pada materi Fungi kurang dari 70% pada tahun sebelum adanya pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pemahaman konsep siswa kelas lintas minat pada materi Fungi di SMA N 1 Sungai Raya pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X lintas minat di SMA N 1 Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah memberikan instrumen two tier test melalui aplikasi google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memahami konsep sebanyak 41%, siswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 24%, siswa yang menebak sebanyak 15%, dan siswa yang tidak memahami konsep sebanyak 20%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Kelas Lintas Minat, Materi Fungi, Pandemi Covid-19
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:00
Last Modified: 06 Jun 2023 07:00
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item