VALIDITAS LKPD PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA SANTUN UNTAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN POTENSI LOKAL TUMBUHAN DI TAMAN DIGULIS PONTIANAK

MILDATY, MILDATY (2021) VALIDITAS LKPD PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA SANTUN UNTAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN POTENSI LOKAL TUMBUHAN DI TAMAN DIGULIS PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
bab i dan v.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

LKPD berbasis Discovery Learning berdasarkan potensi lokal lingkungan sekitar masih sangat jarang diterapkan. Taman Digulis kota Pontianak merupakan taman yang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan sebagai sumber belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan LKPD berbasis discovery learning pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan potensi lokal tumbuhan di Taman Digulis Pontianak, (2) menganalisis kevalidan LKPD berbasis discovery learning pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan potensi lokal tumbuhan di Taman Digulis Pontianak yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), tanpa tahapan implementasi dan evaluasi. Langkah penelitian dan pengembangan yaitu analisis masalah, perancangan, pengembangan, dan validasi produk. Instrument penelitian berupa lembar validasi aspek media, lembar validasi aspek materi dan lembar validasi aspek kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) LKPD materi keanekaragaman hayati berbasis discovery learning berdasarkan potensi lokal tumbuhan di Taman Digulis Pontianak telah dikembangkan dengan model ADDIE dengan tahap yang dilakukan:Analysis, Design, Development, 2) Hasil validasi ahli media 70,8% (valid), hasil ahli materi 71,4%(valid), hasil ahli bahasa 78,6% (valid). Rata-rata aspek keseluruhan 73,6 % (valid) hingga disimpulkan LKPD yang dikembangkan valid dapat dilanjutkan ke tahap uji coba skala kecil dan skala besar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning,Potensi lokal,Validitas LKPD
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:00
Last Modified: 06 Jun 2023 07:00
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item