ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA PUTUSSIBAU

ILHAMSYAH, ILHAMSYAH (2020) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA PUTUSSIBAU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak dalam dunia pendidikan, khususnya pembelajaran biologi, guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran online pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru dalam pembelajaran online pada mata pelajaran biologi di SMA/MA Putussibau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik sampling sistematis. Subjek penelitian yaitu guru biologi SMA/MA Putussibau. Teknik pengambilan data menggunakan komunikasi langsung dengan pengumpulan data menggunakan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sulit dalam menyesuaikan Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dengan pembelajaran online, proses pembelajaran yang dilakukan terasa sulit karena terbatasnya koneksi internet dan pengetahuan guru serta siswa dalam penguasaan teknologi pendidikan, dan evaluasi pembelajaran yang sulit dilakukan secara online karena guru belum memahami cara evaluasi secara online. Berdasarakan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa guru biologi di SMA/MA Putussibau mengalami kesulitan dalam pembelajaran online pada mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak Covid-19, Pembelajaran Online, Pembelajaran Biologi
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 16 May 2023 03:26
Last Modified: 16 May 2023 03:26
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item