PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA-BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SADANIANG KABUPATEN MEMPAWAH

MANDAW, BILL (2019) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA-BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SADANIANG KABUPATEN MEMPAWAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Saat proses pembelajaran siswa mendapatkan materi didalam kelas dengan hanya mengacu kepada buku ajar. Penggunaan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat membantu siswa dalam mendaptkan hasil belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMPN 1 Sadaniang. Metode yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik porposive sampling. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran data yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes multiple choice atau soal pilihan ganda. Nilai pengaruh hasil belajar yang diuji dengan effect size diperoleh 0,67 termasuk kategori sedang dan memberikan pengaruh sebesar 38,2 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kelas yang diajar menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 16 May 2023 02:39
Last Modified: 16 May 2023 02:39
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item