PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROSIANA, ROSIANA (2019) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menerapkan hukum-hukum tajwid saat membaca al-Qur’an. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mendapatkan kejelasan mengenai adanya pengaruh kemampuan membaca alQur’an terhadap hasil belajar siswa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kausalitas. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif. Dari hasil perhitungan statistik diketahui nilai rxy = 0,597 lebih besar dari rtabel = 0,329 ( rhitung>rtabel ) pada taraf signifikan 0,000 dan tingkat kealfaan 0,05, maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat korelasi antara variabel kemampuan membaca al-Qur’an (X) dengan hasil belajar bahasa Arab (Y) pada siswa kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca al-Qur’an dan Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:19
Last Modified: 26 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item