PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII A MTs NEGERI SINGKAWANG

WAHYUNI, SRI (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII A MTs NEGERI SINGKAWANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih di Kelas VII MTs Negeri Singkawang. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Negeri Singkawang 3) Bagaimana hasil belajar dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Negeri Singkawang. 4) Apakah dengan menggunakan daring pembelajaran menjadi efektif pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Negeri Singkawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan analisis deskriptif kualitatif, melalui pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu guru PAI mapel Fiqih, kepala sekolah dan sumber data sekunder yaitu para siswa. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam teknik analisis data, penelitian ini melakukan tiga tahapan analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik pemeriksaan keabsahan data, menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh. Guru PAI Fiqih terkait belajar online kelas VII MTs Negeri Singkawang belumstabil dalam memiliki perwujudan dan keinginan yang dikemas dalam satu kurikulum. 2) Dalam pelaksanaan Pembelajaran Fiqih menggunakan media online dalam realitanya belum maksimal seperti belum memiliki web atau link yang mempermudah untuk mengakses sistem pembelajaran online. 3) Dalam hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa guru sudah benar dengan melakukan tes dan pengesahan menggunakan google form dan lain-lain. 4) Efektivitas pembelajaran daring memang diakui belum atau kurang efektif, karena guru hanya memberi tugas sehingga guru pun tidak tau siswa paham atau tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kelas fiqih
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 30 May 2023 08:55
Last Modified: 30 May 2023 08:55
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item