UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DALAM MEMAHAMI PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL KHAIRAT PONTIANAK

FAIZAH, FAIZAH (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DALAM MEMAHAMI PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL KHAIRAT PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak masih banyak siswa belum mengembangkan keterampilan berpikir yang dimilikinya dalam mengikuti proses belajar di kelas. Perilaku ini ditunjukkan dengan lemahnya kemauan siswa untuk berpikir dalam menyelesaikan soal yang diberikan sehingga lebih sering menjawab dengan menebak dari setiap soal tes yang diberikan. Masalah Penelitian (1) bagaimana keterampilan berfikir siswa dalam memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak? (2) apa saja upaya guru meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak? (3) apa saja yang menjadi faktor penghambat upaya guru meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak? Adapun tujuannya adalah: (1) keterampilan berfikir siswa dalam memahami memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak (2) upaya guru meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak (3) faktor penghambat upaya guru meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran Al-Qur’an Hadits pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak. Teknik pengumpulan data dengan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode Deskripsi, alat yang digunakan adalah, pedoman observasi pedoman wawancara dan foto. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Keterampilan berfikir siswa dalam memahami pelajaran al-Qur’an hadits pada siswa adalah siswa harus selalu diberikan pemahaman dalam pelajaran terutama berfikir karena keaktifan siswa yang mengakibatkan penemuan terarah kepada suatu tujuan. siswa berpikir untuk menemukan pemahaman/pengertian yang dikehendakinya. Upaya guru meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran al-Qur’an hadits pada siswa upaya kami dalam meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran alQur’an hadits pada siswa memerlukan perhatian terutama siswa yang mengalami kesulitan dalam keterampilan berfikir serta membantu mengembangkan suasana kelas, hubungan guru-siswa dan hubungan siswa-siswa yang menunjang pelaksanaan pembelajaran serta berpartisipasi dalam kegiatan khusus penanganan masalah siswa, seperti keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran al-Qur’an hadits pada siswa Faktor penghambat upaya guru meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran al-Qur’an hadits pada siswa antara lain faktor penghambat upaya guru meningkatkan keterampilan berpikir dalam memahami pelajaran alQur’an hadits pada siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan keterampilan berpikir
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 30 May 2023 08:18
Last Modified: 30 May 2023 08:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item