HUBUNGAN ANTARA ASUPAN SERAT DAN CAIRAN (AIR PUTIH) DENGAN KEJADIAN KONSTIPASI PADA LANSIA (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Saigon Kecamatan Pontianak Timur)

FANI SAPUTRA, 101510021 (2016) HUBUNGAN ANTARA ASUPAN SERAT DAN CAIRAN (AIR PUTIH) DENGAN KEJADIAN KONSTIPASI PADA LANSIA (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Saigon Kecamatan Pontianak Timur). Diploma thesis, UM Pontianak.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Konstipasi adalah persepsi gangguan buang air besar berupa berkurangnya frekuensi buang air besar, sensasi tidak puas/lampiasnya buang air besar, terdapat rasa sakit, perlu ekstra mengejan atau feses yang keras. Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kasus konstipasi banyak terjadi di wilayah kerja Puskesmas Saigon Kecamatan Pontianak Timur. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara asupan serat dan cairan (Air Putih) dengan kejadian konstipasi pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Saigon Kecamatan Pontianak Timur, Desain dalam penelitian ini observasional analitik dengan rancangan cross sectional, sampel sebanyak 65 responden lansia berusia 60-75 tahun. Cji statistik yang digunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara asupan serat (p = 0,011) dan asupan cairan (Konsumsi air putih) (p = 0,001). dengan kejadian konstipasi pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Saigon Kecamatan Pontianak Timur Diharapkan kepada Puskesmas untuk lebih meningkatkan pembinaan terhadap lanjut usia dengan melakukan upaya-upaya penyuluhan tentang konsumsi pangan terutama dari jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak mengakibatkan timbulnya penyakit dan tekstur makanan yang sesuai untuk lansia yaitu makanan yang mudah dicerna dan dikunyah, sedangkan dari pengaturan porsi makannya yaitu porsi sedikit tapi sering

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email repository@unmuhpnk.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2016 06:42
Last Modified: 10 Dec 2016 06:42
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item