PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK IDHATA KECAMATAN SEMPARUK

Febrina, Heldea and Mawardi, Mawardi and Sutrisno, Sutrisno (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK IDHATA KECAMATAN SEMPARUK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL HELDIA APRILIANA.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan sikap toleransi anak setelah diterapkan metode bermain peran mikro di Taman Kanak- kanak Idhata. Kecamatan Semparuk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian adalah 1) persiapan guru dalam mengajarkan sikap toleransi pada anak membuat rencana kegiatan harian dengan panduan permen 58 sebagai acuan agar terlaksananya rencana pembelajaran, membagi kelompok masing- masing anak,menyiapkan bahan media. 2) pelaksanaan metode bermain peran mikro dapat mengembangkan sikap toleransi pada anak melalui boneka tangan dan bercerita, menumbuhkan rasa toleransi dalam keseharian anak-anak bersosialisasi, berinteraksi dengan baik terhadap temannya, dan mampu menerima pembelajaran yang menarik. 3) evaluasi metode bermain peran mikro dalam mengembangkan sikap toleransi pada anak menanyakan kegiatan pembelajaran pada anak, saat bermain guru mengetahui perkembangan yang terjadi pada anak saat berkomunikasi sesama temannya, memberikan pengalaman yang baik pada anak. Saran untuk guru di Taman Kanak- kanak Idhata Kecamatan Semparuk harus menggunakan media bermain peran mikro guru sebagai pelaksana pembelajaran seperti media yang digunakan harus menarik dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Untuk sekolah seharusnya membuat program pengamalan nilai- nilai secara tertulis disetiap pembelajaran dan menunjang aspek perkembangan anak. "The research objective was to determine the development of tolerance after the child playing the role of micro-implemented method in kindergarten Idhata District of Semparuk. The method used is descriptive method with qualitative approaches and data collection techniques researchers using observation, interviews, documentation. Results of the study were 1) the preparation of teachers to teach tolerance to children to plan daily activities with sweets guide 58 as a reference so that the implementation of the lesson plan, dividing each group of children, preparing media material. 2) implementation of the method of playing the role of micro-tolerance can develop in children through a hand puppet and storytelling, foster a sense of tolerance in everyday kids socialize, interact well against his, and able to receive interesting learning. 3) evaluation methods play a role in developing micro tolerance in children ask learning activities for children, while playing the teacher know the development that occurs in children while communicating among friends, provide a good experience for children. Suggestions for teachers in kindergarten Idhata District of Semparuk should use the media to play the role of micro-teachers practice teaching as the media used to be attractive and make learning into a pleasurable school should make a practice of the values of the program in writing every aspect of learning and support child development."

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran Mikro, Mengembangkan Sikap Toleransi, Role Playing Micro Methods, Developing the Attitude of Tolerance
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 09:42
Last Modified: 21 Mar 2017 09:42
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item