UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE WORD SQUARE DI TAMAN KANAK-KANAK LKIA 1 PONTIANAK TAHUN 2013/2014

Paselita, Hefi and Mawardi, Mawardi and Muntaha, Muntaha (2016) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE WORD SQUARE DI TAMAN KANAK-KANAK LKIA 1 PONTIANAK TAHUN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL HEFI PASELITA.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru belum menggunakan metode yang bervariasi untuk meningkatkan kemampuan kosa kata pada anak. Metode pembelajaran yang biasa digunakan metode Word Square. Proses peningkatan dominan berlangsung di dalam kelas menggunakan berbagai alat permainan yang tersedia dan mengenai penggunaan metode Word Square yang pernah dilakukan oleh guru. Tujuan pelaksanaan yaitu (1) Untuk menggetahui penerapan pembelajaran dengan metode Word Square untuk meningkatkan kemampuan kosa kata anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak LKIA 1 Pontianak. (2) Untuk menggetahui terdapat peningkatan kemampuan kosa kata setelah diterapkan metode Word Square pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak LKIA 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dalam bentuk PTK. Hasil penelitian (1) Penerapan pembelajaran dengan metode Word Square untuk meningkatkan kemampuan kosa kata anak usia 5-6 tahun guru memulai kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan bercakap-cakap dan mengucapkan salam serta dilanjutkan dengan kegiatan berdoa. Guru mengarahkan dan memberikan penjelasan singkat mengenai kegiatan pembelajaran Word Square dengan kosa kata setelah anak memahami penjelasan tersebut guru mengajak anak-anak untuk melakukan pembelajaran metode Word Square dengan kosa kata yang sudah disiapkan oleh guru dan peneliti (2) Pada siklus I pertemuan 1 dan 2 belum ada peningkatan. Baru ada peningkatan pada siklus II petemuan 1 belum mengalami peningkatan. Baru ketika pertemuan ke 2 mengalami peningkatan 20%, dan pada siklus III pertemuan 1 juga mengalami peningkatan sebesar 53% dan pada siklus III pertemuan 2 mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu 91%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kosa kata, Word square, Taman Kanak-kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 09:37
Last Modified: 21 Mar 2017 09:38
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item