PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SASANA BALITA PUSPITA PONTIANAK

Dede, Hesti and Sudarti, Sudarti and Somantri, Elin B (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SASANA BALITA PUSPITA PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
JURNAL DEDE HESTI.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian 1) Perencanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun, 2) Penerapan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun, 3) Evaluasi pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini 1) perencanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, perencanaannya adalah: guru menyiapkan RKH, LKS, materi yang akan disampaikan, media, lembar penilaian anak dan setting kelas. 2) Pelaksanaan pembelajaran, kegiatan awal guru dan anak melakukan kegiatan senam pagi, kegiatan inti pertama-tama anak diminta untuk mengerjakan kegiatan matematika yang berhubungan dengan sains seperti pengelompokkan warna dari balok warna dari kayu, mengurutkan daun yang berukuran kecil ke besar dan lain-lain, 3) Evaluasi penerapan pembelajaran sains dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, yaitu dengan metode tanya jawab dan metode menceritakan kembali atas materi yang telah dipelajari. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains secara nyata, dapat meningkatkan kemampuan matematika anak. "The research objective 1) Planning the learning of science in developing mathematical skills Children Aged 4-5 Years, 2) Application of science learning in developing math skills Childhood Years 4-5, 3) Evaluation of learning science in developing mathematical skills Children Aged 4-5 Years. This study uses descriptive and qualitative approach. The results of this study 1) planning science lessons in shortly gembangkan mathematical abilities of children, the planning are: teachers prepare student worksheet, daily activity plan, materials to be delivered, the media, child assessment sheet and the classroom setting. 2) Implementation of the learning, the initial activities of teachers and children activity morning calisthenics, core activity first child is asked to work on math activities related to science such as grouping the color of the beam color of the wood, sort the leaves are small to large and others , 3) evaluation of the application of science learning in developing the mathematical abilities of children, namely the question and answer method, and the method retelling of the material that has been studied. It can be concluded that learning science is real, can improve math skills of children."

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sains, Motivasi Belajar Matematika pada Anak, Learning Science, Mathematics Learning Motivation in Children
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 09:26
Last Modified: 21 Mar 2017 09:26
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item