EFEKTIVITASMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE(TTW)BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL BERDASARKAN TEORI HIBRIDISASI KELAS XI IPA 2 SMA PANCA BHAKTI PONTIANAK

MARHAYATI, 131620170 (2017) EFEKTIVITASMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE(TTW)BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL BERDASARKAN TEORI HIBRIDISASI KELAS XI IPA 2 SMA PANCA BHAKTI PONTIANAK. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
full CD MARHAYATI - Copy.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

MARHAYATI. 131620170. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Question Card pada Sub Materi Bentuk Molekul Berdasarkan Teori Hibridisasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Panca Bhakti Pontianak. Dibimbing oleh FITRIANI, S.Si, M.Si, M.Sc dan TUTI KURNIATI, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Panca Bhakti Pontianak pada pembelajaran kimia khususnya sub materi bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi. Untuk itu diperlukan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk molekul yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan Media question card dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah pada sub materi bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi kelas XI IPA 2 SMA Panca Bhakti Pontianak. Penelitian ini adalah Control Group Pretest-Postest Design dengan subjek penelitian 30 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol XI IPA SMA Panca Bhakti Pontianak. Teknik dan alat pengumpul data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 36,91 dan nilai rata-rata posttest sebesar 41,15 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 31,46 dan nilai rata-rata nilai posttest sebesar 66,58 . Hasil analisis statistik uji U Mann- Whitney menunjukkan nilai 0,000 yaitu lebih kecil dari α (0,000<0,05) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan Media question card dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Besarnya peningkatan hasil belajar diketahui dari perhitungan nilai effect size sebesar 1,06 dalam kategori tinggi. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan media question card dapat diterapkan pada sub materi bentuk molekul berdasarkan teori hibridisasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Bentuk Molekul Berdasarkan Teori Hibridisasi, Question Card, Think Talk Write (TTW)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:04
Last Modified: 13 Mar 2019 03:04
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item