PENERAPAN CTL (Contextual Teaching Learning) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 PEMANGKAT

ATIKA TRI PUTRI, 121630332 (2018) PENERAPAN CTL (Contextual Teaching Learning) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 PEMANGKAT. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ATIKA TRI PUTRI (121630332) Penerapan CTL (Contexual Teaching Learning) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Siswa Kelas VIII SMP 1 Pemangkat. Dibimbing oleh ARIF DIDIK KURNIAWAN M.PD dan ARI SUNANDAR M.SI Hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pemangkat pada mata pelajaran IPA masih dibawah KKM (<65) khususnya pada materi gerak pada tumbuhan. Sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Pemangkat menggunakan penerapan CTL (Contextual Teaching Learning). Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Research dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas VIII A sebagai kelas CTL (Contextual Teaching Learning) dan kelas VIII C sebagai kelas Konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan pengukuran dengan pemberian tes soal. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan tes berfikir kritis. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji Effect Size diperoleh nilai Kemampuan berfikir kritis 2,0 dikategorikan besar dan hasil belajar siswa 1,2 dikategorikan besar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kemampuan berfikir kritis dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan penerapan CTL (Contextual Teaching Learning). Kata Kunci: CTL, Kemampuan Berfikir Kritis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 04 Jan 2019 02:57
Last Modified: 04 Jan 2019 02:57
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item