ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA PERKAWINAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LANDAK

Yuyun Suhada, mrs (2016) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA PERKAWINAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LANDAK. Program Studi Manajemen.

[img]
Preview
Text
JURNAL YUYUN SUHADA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan Akta perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak. Sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu didasarkan atas ciri-ciri atau kriteria-kriteria yang diterapkan berdasarkan tujuan penelitian. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah melalui data primer yaitu kuesioner dan observasi serta data sekunder yaitu laporan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif berdasarkan data kuesioner yang diperoleh dari masyarakat. Hasil analisis servqual (service quality) yang digunakan untuk mengukur kesenjangan antara harapan masyarakat dan kinerja pelayanan pembuatan Akta Perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak dengan menggunakan lima dimensi mutu pelayanan menunjukkan hasil secara keseluruhan, dapatlah diketahui bahwa mutu pelayanan pembuatan Akta Perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak belum baik, karena harapan masyarakat belum tercapai dengan pelayanan yang diberikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata harapan yang diperoleh yaitu 3,46 dan nilai rata-rata kinerja yang diperoleh yaitu 2,73 dari kelima dimensi mutu pelayanan, di mana harapan lebih besar dari kinerja, yang berarti masyarakat merasa belum puas dengan mutu pelayanan pembuatan Akta Perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Landak. Kata kunci : Kualitas dan Pelayanan Publik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas dan Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 06:52
Last Modified: 23 Mar 2017 07:35
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item