PENGARUH METODE EKSPERIMEN TEMA GEJALA ALAM TERHADAP PENGETAHUAN ANAK KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PONTIANAK BARAT

PUPUT NOVIRA, 131610400 (2018) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TEMA GEJALA ALAM TERHADAP PENGETAHUAN ANAK KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA PONTIANAK BARAT. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

PUPUT NOVIRA 131610400. Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam Terhadap Pengetahuan Anak Kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Barat. Di bawah bimbingan ELIN B SOMANTRI, M.Pd dan SRI NUGROHO JATI, M.Psi, Psikolog. Masalah dalam skripsi ini adalah banyak anak yang pasif, bosan dan kurang memahami tentang materi yang telah diajarkan, mengakibatkan pengetahuan tentang gejala alam belum berkembang dengan baik, saat guru menjelaskan terjadi banjir anak belum mengerti, saat guru mengulang kembali tentang terjadi banjir dari 18 anak hanya empat orang anak bisa menjawab pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, teknik dan alat pengumpul data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan effect size. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa: Pengetahuan anak kelompok B1 tentang tema gejala alam di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat sebelum diberikan metode eksperimen tentang gejala alam diketahui bahwa tema banjir yang paling tinggi adalah pengetahuan anak tentang banjir sebesar 61,11%, sedangkan tema gunung meletus yang paling tinggi adalah pengetahuan tentang gunung meletus dan menceritakan proses terjadi gunung meletus masing-masing sebesar 57,40%. Pengetahuan anak kelompok B1 tentang tema gejala alam di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat sesudah diberikan metode eksperimen tentang gejala alam, setelah diberikan metode eksperimen tentang gejala alam diketahui bahwa tema banjir yang paling tinggi adalah pengetahuan anak tentang banjir dan menyebutkan sebab-sebab terjadi banjir masing-masing sebesar 88,88%, sedangkan tema gunung meletus yang paling tinggi adalah pengetahuan tentang gunung meletus dan menyebutkan sebab-sebab terjadi gunung meletus masing-masing sebesar 94,44%. Ada pengaruh setelah diberikan metode eksperimen kepada anak kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Pontianak Barat terhadap pengetahuan tentang gelaja alam karena nilai thitung>ttabel (9,996>1,743) dan signifikan (0,05<0,000). Kata Kunci: Metode Eksperimen, Pengetahuan, Gejala Alam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 04 Dec 2018 04:20
Last Modified: 04 Dec 2018 04:20
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item