PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA 1 SMA PANCA BHAKTI PONTIANAK

WINARNI, 131620637 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA 1 SMA PANCA BHAKTI PONTIANAK. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_WINARNI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

WINARNI. 131620637. Pengembangan mengembangkan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Panca Bhakti Pontianak. Dibimbing oleh RIZMAHARDIAN ASHARI KURNIAWAN, M.Sc dan RAUDHATUL FADHILAH, S.Pd, M.Si. Pembelajaran kimia akan berhasil jika diajarkan menggunakan 3 level representasi ilmu kimia (makroskopik, mikroskopik dan simbolik). Selama ini sumber belajar yang digunakan siswa berupa LKS yang masih berada dalam 2 level representasi kimia (makroskopik dan mikroskopik) dan belum bisa digunakan sebagai sumber belajar mandiri sehingga diperlukan alternaltif sumber belajar yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mengembangkan modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi pada materi laju reaksi kelas XI IPA 1 SMA Panca Bhakti Pontianak. yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D hasil modifikasi model 4D yang direkomendasikan Thiagarajan yang terdiri atas Define (Pendefisian), Design (Perancangan) dan Develop (Pengembangan). Sampel penelitian pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran dengan instrumen penelitian yang berupa lembar angket dan soal tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 90,48%. Kepraktisan berdasarkan nilai respon guru dan siswa dengan nilai 85,71% dan 83,33% dengan kriteria keduanya adalah sangat tinggi. Keefektifan yang didasarkan pada analisis hasil belajar setelah menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi menunjukkan nilai N-gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian modul pembelajaran kimia berbasis multipel representasi yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan bagi siswa kelas XI IPA dan guru yang mengajar mata pelajaran Kimia SMA/sederajat, khususnya SMA Panca Bhakti Pontianak. Kata Kunci: Modul pembelajaran kimia, multipel representasi, laju reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:21
Last Modified: 01 Aug 2018 03:21
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item