Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Organ Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Matan Hilir Selatan

BETRY, NOVIANI and DIDIK KURNIAWAN, ARIF and MUKTI RAHAYU, HANUM (2015) Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Organ Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Matan Hilir Selatan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
BETRY_NOVIANI.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang masih belum tercapai secara maksimal pada kelas XI IPA SMAN 1 Matan Hilir Selatan dikarenakan proses pembelajaran masih bersifat teacher center. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar dan perbedaan keterampilan proses sains siswa, serta pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi organ tumbuhan kelas XI SMA Negeri 1 Matan Hilir Selatan tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil uji U Mann-Whitney menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah menggunakan diskusi. Serta terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran problem based instruction (PBI) sebesar 0.91 dengan kategori pengaruh tinggi. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai gain kelas eksperimen sebesar 47.42 dan kelas kontrol 31.16. Kesimpulan dalam penelitian adalah hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) lebih tinggi dari pada yang diajarkan menggunakan metode ceramah menggunakan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PBI, Ceramah Diskusi, Materi Organ Tumbuhan, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 21 Jun 2017 15:18
Last Modified: 21 Jun 2017 15:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item