Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Structure (NHTS) dan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Jamur Kelas X SMA Negeri 7 Pontianak.

SUMIATI, SUMIATI and MULDAYANTI, NURI DEWI and MUKTI RAHAYU, HANUM (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Structure (NHTS) dan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Jamur Kelas X SMA Negeri 7 Pontianak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
SUMIATI.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Materi jamur merupakan salah satu materi yang diajarkan di SMA Negeri 7 Pontianak yang dianggap sulit oleh siswa, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai KKM (75). Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa pada materi jamur dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHTS dan model pembelajaran kooperatif AIR pada materi jamur kelas X SMA Negeri 7 Pontianak tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif NHTS dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif AIR. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai gain kelas eksperimen NHTS sebesar 54.56 dan kelas eksperimen AIR sebesar 40.79. Kesimpulan dalam penelitian adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together Structure (NHTS) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NHTS, AIR, Materi Jamur, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:06
Last Modified: 20 Jun 2017 08:06
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item