Analisis Butir Soal Ulangan Umum Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA MTs N 1 Rasau Jaya Tahun Ajaran 2014/2015

Rohmawati, Rohmawati and MULDAYANTI, NURI DEWI and QURBANIAH, MAHWAR (2015) Analisis Butir Soal Ulangan Umum Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA MTs N 1 Rasau Jaya Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROHMA WATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknik evaluasi mutlak diperlukan guru untuk melakukan penilaian terhadap proses dan hasil belajar, Sehingga menghasilkan instrumen tes yang berkualitas baik. Tes yang baik mempunyai butir-butir soal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal ulangan umum semester ganjil pada mata pelajaran IPA MTs N 1 Rasau Jaya tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi dengan bentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian adalah lembar soal dan lembar jawaban ulangan umum semester ganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, peneliti mengumpulkan data berupa dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk: 1) validitas soal Ulangan Umum Semester Ganjil termasuk kategori tinggi karena 30 butir soal (75%) termasuk soal yang valid. 2) Reliabilitas termasuk kategori tinggi karena memiliki koefisien reliabilitas r11 sebesar 0,89. 3) Tingkat kesukaran soal termasuk kategori baik karena 24 butir soal (60%) termasuk kategori sedang. 4) Daya pembeda soal yang termasuk kategori sedang sebanyak 9 butir soal, 20 butir soal termasuk kategori baik, dan 8 butir soal termasuk kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa soal valid karena sesuai dengan standar tapi perlu perbaikan aspek bahasa pada beberapa soal. Soal memiliki reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran soal dengan kategori sedang dan daya pembeda soal dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Analisis butir soal, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:02
Last Modified: 20 Jun 2017 08:02
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item