RANTIYEM, RANTIYEM and MULDAYANTI, NURI DEWI and MUKTI RAHAYU, HANUM (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping (MM) dan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Materi Sistem Gerak di SMA Negeri 4 Sungai Raya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.
|
Text
RANTIYEM.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA N 4 Sungai Raya pada mata pelajaran biologi masih dibawah KKM (75), khususnya pada materi sistem gerak dengan persentase ketuntasan 67,12%. Tujuan penelitian yaitu 1) mengetahui hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Mind Mapping (MM) dan Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi pembelajaran sistem gerak manusia kelas XI SMA N 4 Sungai Raya, 2) melihat ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Mind Mapping (MM) dan Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi pembelajaran sistem gerak manusia kelas XI SMA N 4 Sungai Raya. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Research dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas XI IPA A sebagai kelas Two Stay Two Stray dan kelas XI IPA B sebagai kelas Mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar posttest rata-rata kelas Mind Mapping sebesar 77,14 dan kelas Two Stay Two Stray sebesar 75. Kesimpulan dengan diperoleh nilai uji t sebesar 0,634 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perdedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen Mind Mapping dan Two Stay Two Stray.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping (MM), Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar, Sistem Gerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sub Admin1 UM PTK |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 07:53 |
Last Modified: | 20 Jun 2017 07:53 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/531 |
Actions (login required)
View Item |