Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia di SMA Negeri 08 Pontianak

NOVI, NURMAYANTI and QURBANIAH, MAHWAR and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2015) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia di SMA Negeri 08 Pontianak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
NOVI NURMAYANTI.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai siswa pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di SMA Negeri 08 Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem pertahanan tubuh manusia yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media video animasi dengan Model Konvensional berbantuan media video animasi. Metode yang digunakan adalah Posttest-only Control Design. Sampel siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas Kontrol,diperoleh dengan menggunakan tehnik random sampling. Hasil dan Pemmbahasan menggunakan uji t pada Pretest, dari uji T didapat 0,094 > 0,05 dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol selanjutnya dilakukan uji Mann whitney pada nilai posttest didapati hasil 000<0,005 sehingga Ho yang ditolak yang artinya terdapat perbedaan Hasil belajar mengunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Pengaruh model Numbered Head Together (NHT) dianalisis dengan menggunakan Effect Size diperoleh nilai 0,93 yang diinterpersentasikan menggunakan interprestasi Cohen menghasilkan nilai 51,6 %. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together berbantuan media video animasi memberi pengaruh (efek) sebesar 51,6%. Terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, NHT, Media Video Animasi, Materi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 07:50
Last Modified: 20 Jun 2017 07:50
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item