Pengaruh Remedial Teaching Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sanggau. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Pontianak. 2015.

VIVIAN ARDILAH DEWI, 111620317 (2015) Pengaruh Remedial Teaching Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sanggau. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Pontianak. 2015. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan remedial teaching metode tutor sebaya dengan siswa yang diajar menggunakan remedial teaching metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sanggau dan untuk mengetahui besarnya pengaruh remedial teaching metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sanggau. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasy Eksperimental Research) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran, observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes berbentuk essay berupa remedial test. Hasil analisis data remedial test menggunakan uji U Mann Whitney dengan software SPSS 17.0 for windows diperoleh taraf α sebesar 5% diperoleh angka probabilitas, yaitu Pvalue (0,043) < α (0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perhitungan Effect Size (ES) diperoleh ES sebesar 0,66 yang tergolong dalam kategori sedang dan jika dilihat dari Tabel Z memberikan pengaruh sebesar 24,54% terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Remedial Teaching, Metode Tutor Sebaya dan Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:09
Last Modified: 19 Jun 2017 04:09
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item