ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI CREDIT UNION PANCUR DANGERI DI KECAMATAN SANDAI KABUPATEN KETAPANG

HERI SOPIAN, NIM 071310408 (2016) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI CREDIT UNION PANCUR DANGERI DI KECAMATAN SANDAI KABUPATEN KETAPANG. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh kepuasan terhadap loyalitas anggota Koperasi Credit Union Pancur Dangeri di Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, yakni penentuan sampel dengan kriteria konsumen yang pernah meminjam modal dari Koperasi Credit Union Pancur Dangeri di Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang. Untuk keperluan analisis digunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang di dalamnya memuat pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan dan loyalitas responden terhadap koperasi dengan menggunakan skala Likert. Data yang terkumpul dari kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan diolah menggunakan Program SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas anggota Koperasi Credit Union Pancur Dangeri di Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang yang dibuktikan melalui persamaan regresi linier sederhana, yakni Ŷ = 0,379 + 0,936X. Hasil analisis regresi diperkuat dengan hasil analisis koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa kepuasan memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap loyalitas karena nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh adalah sebesar 0,836 dan termasuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Hasil uji hipotesis (uji t) membuktikan bahwa kepuasan anggota koperasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota Koperasi Credit Union Pancur Dangeri di Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang. Hal ini dikarenakan thitung lebih besar dari ttabel (15,110 > 1,980) yang berarti hipotesis null (H0) yang menyatakan kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas anggota Koperasi Credit Union Pancur Dangeri di Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang ditolak. Sedangkan kontribusi atau sumbangan pengaruh kepuasan terhadap variasi naik turunnya loyalitas anggota koperasi adalah sebesar 70,00%, dan sisanya sebanyak 30,00% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, seperti kualitas pelayanan, citra perusahaan, nilai pelanggan, dan hambatan pindah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Loyalitas dan Koperasi Credit Union Pancur Dangeri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 01:38
Last Modified: 19 Jun 2017 01:38
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item