PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

HERLINDA, HERLINDA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK LABORATORIUM MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi dilapangan yaitu pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas oleh guru sudah baik hanya saja belum optimal, media yang biasa digunakan oleh guru berupa gambar dan papan tulis sedangkan pada pembelajaran tentang mengenal konsep geometri, guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran macromedia flash sehingga dapat membuat anak mudah merasa jenuh, anak tidak dapat fokus saat belajar dan anak sibuk sendiri saat guru sedang menjelaskan. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar anak itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pembelajaraan tanpa menggunakan media pembelajaran macromedia flash pada anak di Taman Kanak-kanak Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak, 2) Pembelajaraan menggunakan media pembelajaran macromedia flash pada anak di Taman Kanak-kanak Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak, 3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran macromedia flash terhadap perkembangan kemampuan mengenal konsep geometri pada anak di Taman Kanak-kanak Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk eksperimen pre experimental design. Penelitian ini menggunakan rumus uji-t melalui program PSSS 21 diperoleh yaitu t-hitung sebesar 11.649 dengan tingkat Sig. (2 tailed = 0,000 sehingga nilai t-tabel = 2.120 pada taraf signifikasi (α = 0,05). Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh Nilai P dari sampel lebih kecil dari pada taraf nyata yang ditetapkan yaitu α = 0,05, dimana Nilai P yang diperoleh adalah 0,000. Karena Nilai P < α dan t-hitung > t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. jadi kesimpulannya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran macromedia flash terhadap kemampuan mengenal konsep geometri anak di taman kanak-kanak laboratorium model universitas muhammadiyah pontianak

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran macromedia flash, Konsep geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 29 May 2017 22:50
Last Modified: 29 May 2017 22:50
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item