PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK ANANDA PONTIANAK BARAT

Marta, Marta (2017) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TAMAN KANAK-KANAK ANANDA PONTIANAK BARAT. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK PRINT 2.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI OK MARTA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Rendahnya kemampuan berbahasa pada anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Ananda Pontianak. Padahal bahasa sangat penting untuk seseorang dapat berkomunikasi dengan baik sehingga apa yang dipelajari bisa dengan mudah untuk dipahami. Salah satu yang menjadi penyebab rendahnya kemampuan bahasa anak adalah masih kurangnya rasa percaya diri anak dan juga kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru untuk anak bisa mengungkapkan kata-kata, keinginan, dan ide-ide anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan alat pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Letak lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak Ananda Pontianak Barat, sumber data yang diperoleh guru kelompok B1 dan murid kelompok B1 Taman Kanak-kanak Ananda Pontianak. Kesimpulan ; (1) Perencanaan pembelajaran dengan metode bercerita harus menggunakan rencana kegiatan harian (RKH), dan mempersiapkan media sesuai tema. (2) Pelaksanaan pembelajaran harus selalu dibuka dengan salam dan doa, menyampaikan tema dan sub tema pembelajaran, kemudian bercerita dari awal sampai akhir lebih sederhana sebagai contoh. (3) Evaluasi yang digunakan bentuk tanya jawab, penugasan, unjuk kerja, selanjutnya penilaian bentuk raport. Saran; Dalam perencanaan guru memfokuskan pada pembiasaan, dalam pelaksanaan guru tidak hanya memfokuskan pada kegiatan bercerita saja tapi mengaplikasi dalam kehidupan sehari-hari anak, dalam evaluasi guru harus selalu memberi penilaian yang optimal kepada anak sehingga para orang tua mengetahui sejauh mana perkembangan anaknya

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Pengembangan Kemampuan Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 29 May 2017 22:29
Last Modified: 29 May 2017 22:29
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item