PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BERBELANJA DI AYANI MEGA MALL PONTIANAK

KURNIAWATI, FITRI (2016) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BERBELANJA DI AYANI MEGA MALL PONTIANAK. FAKULTAS EKONOMI.

[img] Text
JURNAL FITRI KURNIAWATI.docx

Download (74kB)

Abstract

Pusat perbelanjaan (mall) merupakan suatu bangunan modern yang di dalamnya terdapat berbagai macam toko yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat dengan menerapkan konsep one stop shopping. Persepsi konsumen terhadap suatu pusat perbelanjaan (mall) akan berbeda antara satu dengan yang lainnya karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti atribut-atribut tempat berbelanja dan perilaku konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja di Ayani Mega Mall Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap Ayani Mega Mall sebagai tempat berbelanja dan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen meliputi kelompok acuan, keluarga serta peran dan status sosial konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung dan berbelanja di Ayani Mega Mall Pontianak. Sampel diambil sebanyak 100 responden menggunakan teknik accidental sampling, yaitu penentuan sampel secara spontanitas bertemu pada saat penelitian dilakukan sesuai dengan karakteristik responden. Data dianalisis menggunakan analisis skor rata-rata (mean) kemudian hasilnya diinterpretasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja di Ayani Mega Mall Pontianak termasuk baik. Persepsi konsumen Ayani Mega Mall Pontianak sebagai tempat berbelanja termasuk baik karena menyediakan berbagai kebutuhan konsumen sekaligus menyediakan berbagai pilihan hiburan. Faktor-faktor sosial meliputi kelompok acuan, keluarga serta peran dan status mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja di Ayani Mega Mall Pontianak, di mana keluarga berperan besar terhadap keputusan konsumen berbelanja di mall diikuti kelompok acuan serta peran dan status sosial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: BELANJDA, MALL, PERSEPSI, KONSUMEN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:03
Last Modified: 23 Mar 2017 08:03
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item