FITRIANA, FITRIANA (2020) MPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI MA AL-MUTTAQIEN SUHAID KABUPATEN KAPUAS HULU. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
Text
bab i & v.pdf - Published Version Download (474kB) | Preview |
|
Text (unpublished)
bab ii - iv.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
Abstract
Penggunaan pendekaan saintifik dimaksudkan agar proses pembelajaran menjadi lebih baik yaitu melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran melalui kegiatan menanya, mengamati, mencoba, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pendekatan saintifik pada pembelajaran bologi kelas XI IPA di MA Al-Muttaqien Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode survei-deskriptif. Penentuan sample menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi kelas XI IPA di MA Al-Muttaqien Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu indikator mengamati sebesar 91,25%, menanya sebesar 62,08%, mengumpulkan informasi/mencoba sebesar 66,46%, mengasosiasikan/ menalar sebesar 74,58%, dan mengkomunikasikan sebesar 91,87%. Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi kelas XI IPA di MA Al-Muttaqien Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu terlaksana dengan baik dengan rata-rata sebesar 77,25%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendekatan Saintifik, Biologi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 03:25 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 03:37 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/1192 |
Actions (login required)
View Item |