HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU, PENDAPATAN KELUARGA DAN FREKUENSI PENYAKIT INFEKSI DENGAN KEJADIAN BALITA BAWAH GARIS MERAH (BGM) DI DESA LAMAN MUMBUNG (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Menukung Kabupaten Melawi)

ANATASIA, 121510346 (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU, PENDAPATAN KELUARGA DAN FREKUENSI PENYAKIT INFEKSI DENGAN KEJADIAN BALITA BAWAH GARIS MERAH (BGM) DI DESA LAMAN MUMBUNG (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Menukung Kabupaten Melawi). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Kesehatan.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
II-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)

Abstract

Balita dengan Bawah Garis Merah (BGM) adalah balita dengan berat badan menurut umur (BB/U) berada di bawah garis merah pada Kartu Menuju Sehat (KMS). Balita BGM tidak selalu berarti menderita gizi buruk. Akan tetapi, itu dapat menjadi indikator awal bahwa balita tersebut mengalami masalah gizi. Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi pada tahun 2016 dengan angka kejadian BGM sebesar 1,52% dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mencatat pada tahun 2017 angka kejadian BGM sebesar 0,98%. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Sampel penelitian sebanyak 56 ibu yang memiliki bayi/balita yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan analisa data menggunakan chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan kejadian BGM (p value = 0,047 dengan PR = 4,032), ada hubungan yang bermakna antara pendapatan keluarga dengan kejadian BGM (p value = 0,21 dengan PR = 6,600), da nada hubungan yang bermakna antara frekuensi penyakit infeksi dengan kejadian BGM (p value = 0,010 dengan PR = 3,827) Saran bagi orang tua khususnya ibu diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang BGM, gizi pada balita, pemilihan makanan yang tepat dengan rutin untuk pergi posyandu setiap bulannya agar dapat mengetahui perkembangan balita dan mendapatkan informasi tentang kesehatan. Kata Kunci : Pengetahuan Ibu, Pendapatan Keluarga, Penyakit Infeksi, Kejadian BGM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 25 Mar 2020 01:11
Last Modified: 25 Mar 2020 01:11
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item