UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUANMENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BENDA–BENDA KONKRET DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA ANAKUSIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PONTIANAK BARAT

Anggraini, Nanik Fitria and Mawardi, Mawardi and Sutrisno, Sutrisno (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUANMENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BENDA–BENDA KONKRET DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA ANAKUSIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PONTIANAK BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL NELITAWATI.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan benda–benda konkret di lingkungan sekolahuntuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Tujuan 1) Perencanaan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolahpada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat, 2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat, 3) Melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anakusia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Selanjutnya tempat penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi guru, pedoman observasi murid dan foto. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi data dan member check.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat dilaksanakan setiap hari senin dan rabu. Selain itu guru juga membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang berisi rencana dari seluruh kegiatan dalam 1 hari dan dilengkapi dengan media yang akan digunakan. Kegiatan terdiri dari : a. kegiatan awal, b. kegiatan inti, c. istirahat, d. penutup atau evaluasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal, konsep bilangan,benda konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:54
Last Modified: 21 Mar 2017 12:54
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item