UPAYA ASATIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI BELAJAR AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKAN QURAN (TPQ) NURUL IMAN DESA PASAK PIANG KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2016

SYAFI’I, SYAFI’I (2016) UPAYA ASATIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI BELAJAR AL-QURAN DI TAMAN PENDIDIKAN QURAN (TPQ) NURUL IMAN DESA PASAK PIANG KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2016. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
II-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di dalam TPQ Nurul Iman Desa Pasak piang yaitu santrinya jarang mengikuti belajar al-Quran, artinya kadang mengikuti belajar al-Quran kadang tidak, permaslahan lainnya, sebenarnya mereka berangkat dari rumahnya tetapi tidak sampai ketempat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Program asatidz dalam meningkatkan motivasi santri belajar membaca al-Quran di TPQ Nurul Iman. 2) Langkah-langkah asatidz dalam meningkatkan motivasi santri belajar di TPQ Nurul Iman. 3) Kendala asatidz dalam meningkatkan motivasi santri belajar menghafal Al-Quran di TPQ Nurul Iman. Penelitian ini dilaksanakan di TPQ Nurul Iman Desa Pasak Piang Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Tahun.Penelitian ini merupakan jenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Asatidz TPQ Nurul Iman tahun pelajaran 2016. Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi langsung non partisipan, wawancara secara mendalam, dan pengumpulan berkas-berkas dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubermen.Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: 1) Program asatidz dalam meningkatkan motivasi santri belajar alQuran dengan memberikan, program internal dan eksternal, kompetisi, Hafalan. 2) langkah-langkah asatidz dalam meningkatkan motivasi santri belajar al-Quran dengan memberikan bimbingan, pujian, hukuman, minat pada santri, agar santri tidak merasa bosan, rajin, serta bersemangat untuk belajar membaca al-Quran, serta dalam bentuk hukuman, agar santri merasa jera, angka, hadiah, kompetisi, pujian, bimbingan dan hukuman beserta menumbuhkan minat, agar santri selalu bersemangat, tidak ada kebosanan dalam belajar, dan rajin dalam belajar menulis serta bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepada santri. 3) Kendala asatidz dalam meningkatkan motivasi santri belajar al-Quran kurangnya sarana prasarana, kurangnya motivasi dari orang tua, kurangnya semangat dari diri siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:58
Last Modified: 03 Jan 2024 04:14
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item