PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK

Anggraini, Nanik Fitria (2016) PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL NANIK FITRIA ANGGRAINI.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang perilaku prososialnya masih kurang baik. Hal ini dikarenakan guru di sekolah mengajarkan perilaku prososial hanya menggunakan penejlasan secara lisan atau metode tanya jawab saja, sehingga menyebabkan anak tidak mengerti dan merasa bosan dengan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode storytelling yang digunakan berpengaruh untuk meningkatkan perilaku prososial anak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah anak laki – laki dan anak perempuan. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, data pre-test dan post-test dilakukan dengan perhitungan uji-t dengan hasil t-hitung sebesar -11,393 dan t-tabel sebesar -2,119. Berdasarkan hipotesisi jelas bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel ini berarti terdapat pengaruh metode storytelling terhadap peningkatan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode storytelling, perilaku prososial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:50
Last Modified: 21 Mar 2017 12:50
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item