UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM KEGIATAN SENI MENGGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU KHULAFAUR RASYIDIN KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Juraida, Juraida and Mawardi, Mawardi and Muntaha, Muntaha (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM KEGIATAN SENI MENGGAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU KHULAFAUR RASYIDIN KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL JURAIDA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum optimalnya kreativitas seni menggambar anak di Taman Kanak-kanak Khulafaur Rasyidin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, yang ditandai dengan kurang kegiatan menggambar anak dan koordinasi mata anak yang kurang fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah guru belum mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan yang berbeda, hal ini disebabkan guru lebih memfokuskan perkembangan motorik halus dengan kegiatan menebalkan huruf saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan menggambar anak di Taman Kanak-kanak Khulafaur Rasyidin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, untuk keperluan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran dengan menggunakan kegiatan menggambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif melalui jenis penelitian kualitatif, yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan masing-masing dua kali pertemuan pada setiap siklus. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, pada tahap pengamatan oleh observer. Tekhnik pengolahan data menggunakan perhitungan persentase pada siklus I sampai dengan siklus III menggunkan indikator keberhasilan di katakan berhasil apabila mencapai 75% secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian pada kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan meniru membuat garis tegak, datar, miring dan lengkung, mewarnai gambar rumah menggunakan krayon menggambar bentuk-bentuk geometri dan setelah diberikan pembelajaran dengan kegiatan menggamba dari tindakan siklus I sampai dengan tindakan siklus III mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Seni Menggambar, Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 09:45
Last Modified: 21 Mar 2017 09:45
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item