ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN BIAYA OPERASI PENDAPATAN OPERASI (BOPO) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) PADA SUB SEKTOR PERBANKAN YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA

ALI YUSUF ALTIKARI, 141310048 (2019) ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN BIAYA OPERASI PENDAPATAN OPERASI (BOPO) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) PADA SUB SEKTOR PERBANKAN YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, FEB.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap Return On Assets, yang menggunakan rasio Non Performing Loan dan Biaya Operasi Pendapatan Operasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji linieritas. Untuk uji statistik yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi (R2), uji pengaruh simultan (F) dan uji pengaruh parsial (t). Berdasarkan hasil uji normalitas bahwa semua data terdistribusi normal dengan asymp.Sig. (2-tailed) 0,200 > 0,05. Berdasarkan nilai R (korelasi) yang diperoleh sebesar 0,222. Hal ini menunjukkan hubungan antara Non Performing Loan (NPL) dan Biaya Operasi Pendapatan Operasi (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA) hubungannya lemah dengan nilai sebesar 0,222. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,049. Hal ini menunjukkan bahwa 4,9% pengaruh terhadap Return On Assets (ROA) dapat dijelaskan oleh variabel Non Performing Loan (NPL) dan Biaya Operasi Pendapatan Operasi (BOPO). Sedangkan sisanya 95,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Berdasarkan nilai F dapat diketahui secara bersamasama variabel independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 0,778 serta memiliki nilai signifikansi sebesar 0,468 yang lebih besar dari 0,05. Hasil dari uji t (parsial) variable Non Performing Loan (X1) dan Biaya Operasi Pendapatan Operasi (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA (Y). Kata Kunci: Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasi Pendapatan Operasi (BOPO), Return On Assets(ROA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:33
Last Modified: 23 Jul 2019 02:40
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item