PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA AWETAN HERBARIUM PADA MATERI PTERIDOPHYTA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH NANGA PINOH

IKE SERLI SURYANI, 131630690 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA AWETAN HERBARIUM PADA MATERI PTERIDOPHYTA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH NANGA PINOH. Skripsi thesis, UM Pontianak.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IKE SERLI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar.Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru, fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran.Herbarium merupakan suatu spesimen dari bahan tumbuhan yang telah dimatikan dan diawetkan melalui metode tertentu dan biasanya dilengkapi dengan data-data mengenai tumbuhan yang diawetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk desain media pembelajaran herbarium pada tumbuhan paku, apakah dapat diterima (layak) dan dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bersifat pengembangan dengan desain validasi produk atau media herbarium, yang menggunakan 3 orang guru dari 10 SMA Muhamadiyah Nanga Pinoh sebagai validator produk dan 1 orang dosen pendidikan biologi UMPsebagai validator ahli Media, yang berlangsung pada bulan November sampai Desember 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk desain media pembelajaran herbarium dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh validator ahli (dosen) rata-rata 75 dan validator produk (guru) rata-rata 92, di SMA Muhammadiyah Nanga Pinoh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 03 Jul 2019 03:21
Last Modified: 03 Jul 2019 03:21
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item