PENGEMBANGAN SOAL INTERAKTIF BERBASIS PUZZLE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SEJANGKUNG

PUTRI RIANI, 141630049 (2019) PENGEMBANGAN SOAL INTERAKTIF BERBASIS PUZZLE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 SEJANGKUNG. Skripsi thesis, UM PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI RIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran yang ada disekolah SMA Negeri 1 Sejangkung hanya menggunakan tes lisan dan tertulis, untuk itu dikembangkan soal interaktif berbasis puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan soal interaktif berbasis puzzle untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah pada materi keanekaragaman hayati bagi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sejangkung. Pengembangan soal interaktif berbasis puzzle ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE yaitu tahap analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli terhadap kelayakan soal interaktif berbasis puzzle untuk aspek materi sebesar 79,67% dan aspek media sebesar 84,43%. Semua aspek yang diamati termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil respon siswa uji coba skala kecil sebesar 82,8% dan untuk uji coba skala besar sebesar 82,4 % terhadap soal interaktif berbasis puzzle sangat positif, sehingga dapat digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran. Hasil pemecahan masalah menggunakan soal interaktif berbasis puzzle dengan rata-rata kemampuan siswa dalam memahami masalah sebesar 98%, kemampuan siswa dalam menyusun rencana penyelesaian sebesar 92%, kemampuan siswa dalam menyelesaikan rencana sebesar 92%, dan kemampuan siswa dalam memeriksa kembali sebesar 78%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:36
Last Modified: 01 Jul 2019 02:36
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item