PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PAUD DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI PAUD DI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA

Oktaviani, Anita and Mawardi, Mawardi and Somantri, Elin B (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI PAUD DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI PAUD DI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL ANITA OKTAVIANI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan berhitung, dengan berbagai media dan metode yang tepat yang tidak merusak pola perkembangan anak, sehingga ketika anak telah memasuki kejenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar (SD) anak sudah memiliki kemampuan dalam berhitung. namun telah kita ketahui bahwa siswa itu berbeda antara satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan kemampuan berhitung siswa yang mengikuti PAUD dengan siswa yang tidak mengikuti PAUD di kelas 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa di kelas 1A dan siswa di kelas 1B. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan penyebaran soal tes. Dari hasil penelitian, data profil siswa yang mengikuti PAUD dengan siswa yang tidak mengikuti PAUD di kelas 1A dan 1B dan observasi dilakukan dengan perhitungan uji-t dengan hasil t-hitung kemampuan berhitung siswa yang mengikuti PAUD 1.863 dengan tingkat Sig.(2- tailed = .069.) sedangkan hasil kemampuan berhitung siswa yang tidak mengikuti PAUD adalah t-hitung sebesar 1.952 dengan tingkat Sig. (2-tailed =.058.) Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbandingan kemampuan berhitung antara siswa mengikuti PAUD dengan siswa yang tidak mengikuti di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kabupaten Kubu Raya. Kata kunci: kemampuan berhitung, mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD "This research based on the numeracy skill, with a variety of media and the right methods that do not damage the pattern of students development, so when the students have entered the next level, Elementary School (SD) students already have the ability to count. As we know that students are different from one another This study aims to find out if there is comparison numeracy skills between students who took early childhood education programs with students who did not take early childhood education programs in class 1. This study used a quantitative approach with descriptive method. The subject of research is the students in the first grade consists of classes A and B. Technique of collection data used in this study is the observation and questioner. From the research, the profile data of students who took early childhood education programs and students who did not take early childhood education programs in classes 1A and 1B and the observations made by the t-test calculations with the result of t-test numeracy 1,863 students who took early childhood education programs to the level Sig. (2- tailed = .069.), while the results of numeracy skills of students who did not take early childhood education programs is the t-test with a level of 1,952 Sig. (2-tailed = .058.) The conclusion from this study that there is a comparison of numeracy skill among students attended early childhood education programs with students who did not attend early childhood education programs in first grade in Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kabupaten Kubu Raya"

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD, numeracy skills, took and did not take early childhood education programs
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 08:45
Last Modified: 21 Mar 2017 08:45
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item