EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL PADA SUB MATERI IKATAN KOVALEN KELAS X MIA DI SMA ISLAM HARUNIYAH PONTIANAK

ZULFADHLI ABDILLAH, 131620687 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL PADA SUB MATERI IKATAN KOVALEN KELAS X MIA DI SMA ISLAM HARUNIYAH PONTIANAK. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZulfadhliAbdillah_131620687_PendidikanKimia.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ZULFADHLI ABDILLAH. 131620687. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu soal pada sub materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Islam Haruniyah Pontianak. Dibimbing oleh Raudhatul Fadhilah, S.Pd, M.Si dan Rizmahardian A.K, M.Si, M.Sc Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA Islam Haruniyah Pontianak pada pembelajaran kimia khususnya sub materi ikatan kovalen dikarenakan kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep ikatan kovalen. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media kartu soal pada sub materi ikatan kovalen. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental reserch one-group dengan pretest-postest design dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Islam Haruniyah Pontianak. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil analisis data menunjukkan hasil nilai rata-rata pretest sebesar 36 dan nilai rata–rata posttest sebesar 62,94. Hasil analisis statistik uji t menunjukkan nilai signifikasi 0,00 (0,00 < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media kartu soal. Perolehan nilai gain sebesar 0,42 yang berarti model pembelajaran tipe TGT berbantuan kartu soal efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori sedang. Kata Kunci : Ikatan Kovalen, Kartu Soal, Team Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:41
Last Modified: 28 Feb 2019 02:41
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item